Ads 468x60px

Social Icons

Monday, January 30, 2012

aktor kudeta papua nugini disidang

senin, 30 januari 2012 | 04:41 WIB

TEMPO.CO , PORT MORESBY:-- Aktor di balik percobaan kudeta militer di Papua Nugini kemarin mulai disidangkan. Saat yang sama, Sir Michael Somare melansir seruan kepada polisi dan militer guna mendukungnya untuk jabatan perdana menteri.

Bahkan, putra Somare, Arhtur Somare, mendesak pemilu yang dipercepat untuk memutuskan sekali lagi dan untuk perdana menteri, apakah ayahnya atau Peter O'Neill.

Kolonel Yaura Sasa ditangkap di pinggiran ibu kota Port Moresby, Boroko, pada Sabtu malam lalu kurang dari tiga hari setelah dia memimpin 30 pria bersenjata pendukung setia Sir Michael melakukan kudeta, tapi gagal.

Juru bicara polisi, Superintendent Dominic Kakas, menyebutkan, mereka gagal membawa Sasa karena para pria yang loyal kepadanya berada di dalam Barak Taurama. "Dia sukarela datang. Dia kooperatif. Setelah kami wawancarai, dia ditahan dan dituntut.Sasa muncul di pengadilan Waigani kemarin pagi. "Jaksa kriminal akan memulai sidang begitu kami merampungkan investigasi."

Kakas menambahkan, kolonel dituntut pasal kudeta atas aksinya pada 26 Januari lalu. Adapun pengikut Sasa tidak dituntut.

Perdana Menteri O'Neill menunjuk wakilnya, Belden Namah, sebagai pejabat Menteri Pertahanan selama krisis percobaan kudeta, dan mendesak Sir Michael Somare menyetop melansir pernyataan terbuka mengaku sebagai perdana menteri.

Sir Michael memang terus berjuang agar kembali di kursi perdana menteri lewat putri dan juru bicaranya, Betha. Dalam pernyataan yang dikirim lewat surat elektronik kemarin, pria 75 tahun itu mengulang seruannya kepada pengadilan bahwa penuntutan dirinya kembali menjabat perdana menteri dihargai. Dia juga mendesak polisi dan militer bergabung dengannya.


THE SYDNEY MORNING HERALD | REUTERS | DWI ARJANTO

sumber :    http://www.tempo.co/read/news/2012/01/30/115380449/Aktor-Kudeta-
                  Papua-Nugini-Disidang

jgn lupakan keadilan.

0 comments:

Post a Comment