Ads 468x60px

Social Icons

Sunday, January 22, 2012

as ingatkan Iran soal penutupan selat hormuz

Kamis, 29 Desember 2011 | 17:36 WIB

TEMPO.CO , Teheran -- Angkatan Laut Amerika Serikat akan siap menghadapi Iran jika memaksakan menutup jalur Selat Hormuz yang penting bagi pengiriman minyak sejumlah negara teluk. "Jika ada yang mengganggu jalur bebas internasional dan merugikan, maka mereka tidak bisa ditoleransi," kata juru bicara armada kelima Angkatan Laut Amerika yang berbasis di Bahrain.

Ancaman Iran itu sebagai respon atas pemberlakuan embargo negara barat atas ekspor minyak yang kembali ditingkatkan. Wakil Presiden Iran Muhammed Reza Rahimi mengatakan,"Jika sanksi itu diberlakukan untuk Iran, maka tak ada lagi setetes minyak melewati Hormuz. Kami memberikan pelajaran kepada mereka," ujarnya.

Tentara Iran pun tak takut gertakan Amerika. Komandan Angkatan Laut Iran, Admiral Habibollah Sayari, mengatakan tetap akan menutup jalur itu dan menghentikan pengiriman minyak. "Itu sangat mudah seperti minum segelas air," katanya.

Saat ini, armada Iran terus melakukan latihan tempur selama 10 hari di wilayah perairan internasional itu dengan melibatkan kapal, helikopter, dan kapal selam. Latihan ini persiapan Iran untuk segera menutup jalur 34 mil yang menghubungkan Teluk Persia dan Laut Arab. Tak kurang 15 juta barel minyak lalu lalang di perairan itu. Pada armada kelima Amerika ini, lebih dari 20 kapal perang, kapal induk, dan pesawat yang mengangkut pasukan.

Peningkatan sanksi yang lebih tegas diberlakukan setelah Iran menembak jatuh pesawat tak berawak Amerika. Selain itu, pengunjuk rasa menyerbu kedutaan besar Inggris di Teheran pada 30 November 2011. Kerajaan Inggris pun mengusir diplomat Iran dari London.

THE TELEGRAPH | EKO ARI

sumber :    http://www.tempo.co/read/news/2011/12/29/115374328/AS-Ingatkan-
                  Iran-Soal-Penutupan-Selat-Hormuz


lebih baik amerika tidak menyerang Iran. tp, mencabut sanksi baru untuk Iran. karena Iran hanya ingin agar tidak diberi sanksi. jd klo sanksinya di cabut, otomatis selat hormuz tidak ditutup. kasian kan Iran, karena diberi sanksi kondisi ekonominya memburuk.

0 comments:

Post a Comment