Ads 468x60px

Social Icons

Sunday, January 22, 2012

jepang perluas sanksi atas Iran

09/12/2011 17:42
Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang memutuskan untuk memperluas sanksi terhadap Iran. Tindakan Jepang yang diputuskan, Jumat (9/12) terjadi segera sesudah negara-negara lain melakukan hal serupa berkaitan dengan program nuklir Iran.

Menteri Perekonomian, Perdagangan dan Industri Jepang, Yukio Edano seperti ditulis kantor berita Jiji Press, mengatakan ada 106 organisasi, satu individu, dan tiga lembaga bank Iran yang masuk dalam daftar terkena sanksi. Total seluruhnya menjadi 267 organisasi, 66 individu, dan 20 bank.

Sanksi tersebut secara konkrit antara lain adalah melarang impor mintak mentah dari Iran. Negeri yang dipimpin Presiden Ahmadinejad merupakan pemasok minyak mentah terbesar ke-4 ke Jepang.

Tahun lalu Jepang memberlakukan saksi-sanksi terhadap Iran, termasuk pembekuan aset-aset individu dan organisasi yang punya hubungan dengan program nuklirnya serta pelarangan ketat pada berbagai transaksi keuangan. Tak hanya itu, Jepang juga menegaskan akan menangguhkan investasi-investasi baru dalam sektor minyak dan gas di Iran.

Sementara itu, Iran menyatakan bahwa program nuklirnya untuk tujuan damai. Namun negara-negara Barat menduga Teheran sedang berusaha membuat bom nuklir. (ANT/Vin)


sumber :    http://berita.liputan6.com/read/366706/jepang-perluas-sanksi-atas-iran

lebih baik, jepang tidak memberi sanksi kepada Iran. jangan menambah sulit ekonomi Iran.

0 comments:

Post a Comment