Ads 468x60px

Social Icons

Friday, February 10, 2012

ada apa di balik pertemuan rahasia nazar-nasir?

Jum'at, 10 februari 2012 | 07:51 WIB
tempo.co, jakarta - Pertemuan rahasia antara terdakwa kasus suap Wisma Atlet, M. Nazaruddin, dan kakaknya, M. Nasir, di Rumah Tahanan Cipinang terbongkar. Menjelang tengah malam Rabu lalu, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana memergoki mereka dalam inspeksi mendadak. "Kami masuk ke ruangan tertutup dan ada Nazar, Nasir, Djufri Taufik, dan Arief Rachman. Pertemuan itu pukul 11 malam," kata Denny kemarin.

Menurut Denny, mereka langsung bubar begitu dia muncul bersama tim inspeksi. Dalih Nasir, anggota Komisi Hukum DPR; dan Djufri, mantan pengacara terpidana Mindo Rosalina Manulang, kata Denny, datang malam-malam karena Nazar sakit. "Masak orang sakit dikunjungi jam segitu," ujar Denny. Jam berkunjung di tahanan Cipinang adalah pukul 10.00-12.00 dan 13.00-15.30 WIB.

Denny mengaku tak mengetahui isi pembicaraan mereka. Yang ia persoalkan adalah adanya keganjilan, karena Djufri dan Arief, yang dikenal sebagai pengacara Rosa, ikut menemui Nazar. Dia menganggap kedatangan Nasir dan dua pengacara itu merupakan kepentingan pribadi, bukan urusan dinas sebagai anggota Komisi Hukum DPR dari Partai Demokrat.

Dia menjelaskan timnya memiliki data bahwa Nazar selama di rumah tahanan kerap menerima kunjungan beberapa orang di luar jam besuk. Termasuk Nasir, yang pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus Wisma Atlet. Dia selalu datang di luar jam berkunjung. "Ini yang tercatat di buku tamu, belum lagi yang tak tercatat," ujar Denny.

Pengacara Nazar, Elza Syarief, membenarkan bahwa Nasir sering mengunjungi kliennya. Ia menampik tudingan ada konspirasi dengan pihak Rosa, yang disebutnya selalu berseberangan di persidangan dengan Nazar. Ia mengecam Denny, kenapa kliennya yang terus disorot. "Hati-hati dia (Denny), atau saya buka. Dia di mana akan ketahuan," ujar Elza.

Nasir belum bisa dimintai konfirmasi. Telepon selulernya tidak aktif. Menurut Djufri, alasan Nasir datang malam hari karena pada siang hari sibuk sebagai anggota DPR. Ihwal dirinya dianggap tidak etis ikut berkunjung, ia berkata, "Saya sekarang kuasa hukum Nazar. Terhitung sejak Oktober 2011."

ANANDA WT | ISMA S | JOBPIE S

sumber :    http://www.tempo.co/read/news/2012/02/10/063383005/Ada-Apa-
                  di-Balik-Pertemuan-Rahasia-Nazar-Nasir

0 comments:

Post a Comment