Ads 468x60px

Social Icons

Friday, August 3, 2012

seharusnya jangan perpanjang kontrak pt. freeport lagi di papua

Jum'at, 14 Ramadhan 1433 H / 3 agustus 2012, jam 11.19 wib, via linux ubuntu

ada sumber yang mengatakan bahwa pt. freeport ingin memperpanjang kontrak lagi di papua. perpanjangan ontrak yang diinginkan ialah hingga tahun 2041. sebelumnya sampai dengan tahun 2021.
banyak kalangan yang menilai bahwa kontrak kerjasama pt. freeport dengan indonesia adalah merugikan indonesia. menurut mereka hal itu dikarenakan dari isi kontrak kerjasama yang tidak adil.

selain daripada itu, ada isu yang mengatakan bahwa pt. freeport kurang/tidak memperdulikan tentang efek negatif dari operasinya di papua. ada pula isu yang mengatakan bahwa pt. freeport melakukan kegiatan memata-matai terhadap yang dianggap mereka itu mengancam operasional perusahaan.

memang secara pribadi, aku tidak setuju pt. freeport menambang di papua walau hanya 1 detik. karena akan lebih baik bila sumber daya alam mineral yang berupa emas itu tetap tidur disana untuk menunggu dibangunkan oleh putra dan/atau putri indonesia dan/atau papua untuk dieksplorasi.

tetapi nasi sudah menjadi basi sekarang. sehingga tidak bisa untuk dimakan lagi. tetapi itu bukan berarti setiap padi yang ada harus menjadi nasi basi.
oleh karena itu papua dan indonesia harus mencari solusi yang adil untuk papua itu sendiri dan juga untuk indonesia serta pt. freeport.

dan satu diantara jalan yang bisa ditempuh adalah dengan menghentikan kontrak dengan pt. freeport. atau juga bisa dengan tidak memperpanjang kontrak lagi. atau juga dengan solusi yang lainnya tapi untuk mendapatkan hal itu harus dipelajari lebih dalam lagi mengenai kontrak yang masih ada, yang telah lalu, yang ditawarkan. dan juga tak lupa yang harus dipelajari adalah mengenai sumber daya alam mineral emas dan mengenai pt freeport itu sendiri.


hal itu penting untuk mendapatkan solusi adil yang efektif dan efisien.

0 comments:

Post a Comment